"Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Pagar Alam"

on . Posted in Berita. Hits: 418

 Pagar Alam, 24 Nopember 2015, Pengambilan sumpah dan pelantikan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Pagar Alam.

Sidang luar biasa pengambilan sumpah dan pelantikan Bapak Agus Pancara SH M.Hum selaku Wakil Ketua Pengadilan Negeri Pagar Alam berlangsung sekitar pukul 10.00 WIB di ruang sidang utama Pengadilan Negeri Pagar Alam yang langsung dipimpin oleh Bapak Harun Yulianto, SH, selaku Ketua Pengadilan Negeri Pagar Alam. Kewibawaan sidang luar biasa ini juga ditandai dengan berkumandangnya lagu Padamu Negeri seiring pengucapan kata-kata pelantikan Bapak Agus Pancara, SH., M.Hum selaku Wakil Ketua Pengadilan Negeri Pagar Alam.

 

 Di hadapan keluarga besar pengadilan Negeri Pagar Alam yang menyaksikan acara pengambilan sumpah dan pelantikan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Pagar Alam, dalam pengarahannya Bapak Harun Yulianto, SH., menyampaikan bahwa pada saat ini Pengadilan Negeri Pagar Alam kembali mengukir sejarah dalam perjalanan sebagai pelaksana kekuasaan kehakiman di Indonesia, khususnya dalam yuridiksi Kota Pagar Alam. Walau bagaimanapun moment pengambilan sumpah dan pelantikan Bapak Agus Pancara, SH., M.Hum., tidak dapat hanya dipandang sebagai seremonial belaka, karena momen ini secara yuridis merupakan bentuk yudikasi bagi Bapak Agus Pancara, SH., M.Hum., untuk menjalankan fungsi jabatannya sebagai unsur pimpinan di Pengadilan Negeri Pagar Alam. Realitas jabatan ini tentunya akan dihadapkan pada bentuk-bentuk hak dan kewajiban. Bagaimana cara menjalankan hak dan kewajiban tentunya akan mengacu kepada seluruh aturan-aturan yang sudah ditentukan, baik dari tingkat pusat sampai pada tingkat daerah.

Mahkamah Agung RI telah merubah visi dan misinya dalam 25 tahun ke depan guna “Mewujudkan Badan Peradilan yang Agung”,  Salah satu latar belakang perubahan dan penetapan isi dan misi dimaksudkan adalah terkait fakta masih rendahnya capaian lembaga peradilan dalam mewujudkan sebuah Court of Excellence, sehingga dari asfek pengawasan internal dan demi kuatnya organisasi sungguhsangat diperlukanseorang pemimpin yang mampu menjadi model keteladanan.

            Pengadilan Negeri Pagar Alam sebagai unit pelaksana kekuasaan kehakiman yang berada di bawah Mahkamah Agung harus dapat menginplementasikan visi dan misi dimaksud, sehingga keinginan luhur untuk mewujudkan badan peradilan yang agung dapat tercapai secara utuh.


        Setelah berakhir acara Pengambilan sumpah dan pelantikan dilanjutkan dengan kata perkenalan dari Wakil Ketua PN Pagaralam yang baru dilantik dilanjutkan pemberian ucapan selamat dari Bapak Ketua Pengadilan Negeri Pagar Alam serta segenap tamu dan undangan.

FOTO KEGIATAN :